Sunday 22 July 2012

nggak bisa melupakan Dia


nggak bisa melupakan Dia

Tanya:
Assalamu'alaikum , kak yulia yg dicintai ALLAH..
Aku pernah mengalami pacaran sekitar 2 bulan yang lalu dan itu yang pertama kali aku pacaran. tapi berkat majalah Elfata aku bisa menyadari kalau pacaran diharamkan oleh agama Islam. akhirnya aku memilih hubungan aku dengan dia menjadi teman saja, tapi ga ada yg berubah di anatara kami yg berubah cuma status kami yg dulunya pacaran kini menjadi ikatan teman. kami tetap menjalin komunikasi dan berjanji untuk tidak pacaran lagi. tapi ternyata dia malah menghianati aku serta janjinya, dia punya teman wanita yang mengaku pacar dia. hati aku sangat sakit serta kecewa ketika wanita itu mengatakan dia pacaran dengan laki-laki itu/si dia. akhirnya kami nggak ada hubungan apa-apa lagi. tapi masalahnya sampai sekarang aku ga bisa ngelupain dia. bahkan dia sering aku mimpikan. dia tidak bisa hilang dalam ingatanku. kak aku harus bagaimana??? satu lagi kak, apa termasuk dosa jika menjalani hubungan serius dengan seseorang walaupun bukan jalinan pacaran??? syukran kak . wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.
Aty

Jawab:

wa'alaykumussalam warahmatullahi wa barakatuh. email senada juga datang dari Zairah...semoga jawaban ini bisa menjawab keduanya...
Aty yang baik... kak yasmine bersyukur kepada Allah karena telah memberikan berkah kepadamu untuk mengenal islam lebih dekat melalui majalah elfata...
Bagi remaja seusia kamu, saat ini sudah sangat umum dengan istilah pacaran bahkan anak seusia TK pun sudah mengenal istilah ini. jadi jika remaja seperti kamu berpacaran, itu sudah umum terjadi di zaman sekarang (meski keumuman tidak bisa dibenarkan -red).
Alhamdulillah Allah berkenan memberikan hidayah-Nya bagimu untuk mengenal Islam lebih jauh, mulai mengetahui bagaiman hukumnya pacaran dalam Islam, dan mau menjalaninya dengan berusaha melupakan dia.
Aty...seseorang tidak mungkin bisa melupakan seseorang atau menghilangkan kenangan akan orang tersebut karena semua ingatan itu akan tersimpan di dalam ingatan jangka panjang kita...kecuali jika orang tersebut mengalami luka fisik yang mempengaruhi ingatannya. jadi, yang bisa kita lakukan adalah menetralisir emosi atau perasaan cinta yang pernah ada sehingga ketika memori tentang si dia muncul, hati sudah menjadi netral, tak ada perasaan yang mengganggu lagi. jadi jika kamu bilang kamu masih sulit melupakannya, yang terjadi sebenarnya adalah kamu sulit menghilangkan rasa cinta yang masih ada untuknya sehingga timbullah rasa cemburu meskipun dia sudah bukan pacar kamu lagi.
Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan 'rasa' tersebut sehingga dengan demikian mudah bagi kamu untuk beraktifitas kembali:
·         Paling utama adalah berdoa mohon pada Allah untuk diberi kekuatan agar dapat mengatasi masalah ini. kuatkan niat untuk menjalaninya dan yakinkan diri bahwa apa yang korbankan akan mendapat ganti yang jauh lebih baik dari Allah.
·         Sibukkan diri dengan kegiatan baru yang sangat menyita waktu sehingga tidak ada kesempatan bagi kamu untuk melamun di sela waktu.
·         Buang segala kenangan yang berhubungan dengannya baik itu foto, tulisan, souvenir, atau apapun itu bentuknya. jika masih saja ada yg tersisa akan sulit bagimu untuk menghilangkan ingatan tentangnya apalagi rasa cinta yang pernah ada.
·         Termasuk menutup kontak apapun dengannya baik itu langsung maupun tidak langsung misalnya melalui dunia maya (facebook, email, dll). Kesalahan yg sering terjadi adalah berkomitmen untuk tidak berpacaran dan ingin melupakan si doi namun masih saja melakukan kontak. Boleh saja kembali pada status berteman akan tetapi status sebelumnya dapat mempersulit keinginan untuk bisa benar-benar melupakannya jika kontak masih saja ada. Ingatlah bahwa ini semua membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh. Jangan setengah-setengah. Jika benar ingin membuang rasa cinta padanya mulailah dengan mengubur semua hal yang dapat mengingatkan kamu padanya.
·         Jika beberapa hal di atas tidak membantu dan kamu merasakan sudah sampai pada taraf terganggu dalam beraktifitas harian maka terapi diperlukan dengan terus disertai doa tentunya.
Terapi bisa diberikan oleh ahlinya yaitu psikolog/psikoterapis lainnya atau bisa dilakukan sendiri seperti misalnya menggunakan EFT yang bisa kamu pelajari lebih dulu..
Kak yulia berharap pilihan terakhir tidak pernah terjadi ya... Kakak doakan semoga kamu diberi kekuatan. Ingat yang kakak sampaikan tadi bahwa apa saja yang kamu korbankan di jalan Allah akan mendapat ganti yang jauh lebih baik di sisi-Nya... Jadi kuatkan keyakinanmu. Ok!
Semoga bisa membantu ya...
Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Sumber: Majalah Elfata edisi 06.vol12 hal.26

1 comment:

  1. saya setuju, pacaran lebih dekat dengan kemudharatan...

    slam kenal ya...

    ReplyDelete