Saturday 4 August 2012

Sukses, Kaya, & Cinta

part 2


MERUBAH DUNIA
Seorang kakek bercerita tentang dirinya. “Dahulu aku punya cita-cita untuk merubah dunia. Saat itu umurku 20 tahun. Namun kemudian aku dapatkan kenyataan bahwa sangat sulit untuk merubah dunia. Maka ketika umur 40 tahun aku berganti cita-cita untuk bisa merubah negaraku. Ini pun kurasakan begitu sulit dan berat untuk direalisasikan. Oleh karena itu aku berusaha keras dengan segala kemampuanku untuk bisa melakukan perubahan pada kotaku, saat aku berumur 60 tahun. Sulit juga ternyata. Maka ketika berumur 80 tahun aku pun berganti cita-cita lagi, yaitu merubah keluargaku.”
Dan kini setelah sedemikian tua…aku temukan kenyataan bahwa sesuatu yang mungkin aku rubah adalah diri sendiri”. Jika hal ini kulakukan sejak dahulu maka aku akan mampu merubah keluargaku, kemudian kotaku, dan berikutnya negaraku.
Jangan pernah remehkan perkara yang terlihat sepele dan kecil atau engkau mengambil langkah yang jauh padahal engkau belum melangkah pada jalan yang dekat. Bila engkau ingin hidup bahagia di dunia maka mencoba untuk merubah dunia setelah engkau berusaha membenahi dan merubah dirimu sendiri.
Allah berfirman yang artinya,
yang demikian (siksaan) itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah suatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah Maha Pendengar lagi Maha Pengetahui.” (Al Afal: 53)



Sumber: majalah Elfata edisi 07.vol12 hal 82

No comments:

Post a Comment